10 Tips Diet Sehat dan Aman untuk Turunkan Berat Badan - Warta Brebes

Minggu, 20 Desember 2020

10 Tips Diet Sehat dan Aman untuk Turunkan Berat Badan

 

Melakukan diet aman dengan mengatur pola makan yang sehat bisa menurunkan berat badan, dan mengubah kebiasaan makan menjadi lebih sehat. Tanpa paksaan dan program-program yang menyiksa.

Walaupun hasilnya tidak terlihat secepat jika melakukan diet ekstrem, mengonsumsi pil diet, atau operasi sedot lemak. Akan tetapi, melakukan diet sehat jauh lebih aman untuk jangka panjang dan akan menjaga berat badan Anda.

Selain bisa menurunkan berat badan, mengatur pola makan yang sehat juga bisa mencegah Anda dari risiko penyakit berbahaya.

Tips & Cara Program Diet Sehat

Melakukan diet tidak harus dengan cara esktrim dan menyiksa tubuh. Anda dapat menurunkan berat badan dengan cara mengubah pola makan dan kebiasaan secara bertahap. Simak tipsnya berikut ini:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum dengan cukup sepanjang hari dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan dan juga membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

Suatu penelitian yang dilakukan pada lebih dari 9.500 responden menemukan bahwa mereka yang tidak mengonsumsi cukup air putih memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi dan berpeluang mengalami obesitas daripada mereka yang banyak minum air putih.

Terlebih lagi, orang yang minum air sebelum makan terbukti akan lebih sedikit kalori yang masuk.

2. Konsumsi Sarapan Kaya Protein

Mengonsumsi makanan kaya protein seperti telur untuk sarapan terbukti dapat menurunkan berat badan.

Meningkatkan asupan protein di pagi hari juga dapat membantu untuk menghindari ngemil yang tidak sehat dan meningkatkan kontrol nafsu makan sepanjang hari.

3. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Olahan karbohidrat seperti tepung putih, pasta, dan roti, rendah akan serat dan dicerna cepat oleh tubuh. Sehingga Anda akan kenyang untuk waktu yang tidak lama.

Sebaliknya, pilih sumber karbohidrat kompleks seperti gandum, biji-bijian seperti quinoa dan barley, atau sayuran seperti wortel dan kentang.

Karbohidrat kompleks dapat membantu kenyang tahan lama dan mengandung lebih banyak nutrisi daripada sumber karbohidrat olahan.

4. Konsumsi Cukup Lemak Sehat

Meskipun lemak seringkali menjadi hal pertama yang dikurangi saat mencoba menurunkan berat badan, lemak sehat sebenarnya bisa membantu mencapai tujuan penurunan berat badan.

Mengikuti diet tinggi lemak sehat dengan mengonsumsi makanan seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan, terbukti dapat memaksimalkan penurunan berat badan dalam beberapa penelitian.

Terlebih lagi, lemak membantu untuk tetap kenyang lebih lama dan bisa mengurangi nafsu makan.

5. Batasi Konsumsi Gula

Gula tambahan, terutama dari minuman manis, adalah alasan utama kenaikan berat badan yang tidak sehat dan masalah kesehatan seperti diabetes dan penyakit jantung.

Ditambah, makanan seperti permen, soda, dan makanan lainnya yang mengandung banyak gula tambahan cenderung mengandung nutrisi yang sangat rendah.

Mengurangi makanan tinggi gula adalah cara yang tepat untuk menurunkan berat badan.

6. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Serat ditemukan dalam makanan sehat termasuk sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hanya makan lebih banyak akan serat bisa membantu untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya.

7. Makan dengan Menggunakan Piring yang lebih Kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil bisa membantu makan Anda dengan porsi yang lebih kecil.

Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, perlahan-lahan akan membuat Anda terbiasa makan dalam porsi kecil tanpa merasa lapar.

Diperlukan sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi sinyal ke otak bahwa sudah kenyang, jadi makanlah perlahan dan berhentilah sebelum merasa kenyang.

8. Matikan Televisi atau Komputer saat Makan

Menurut sebuah studi, makan sambil menonton bisa membuat konsumsi 40 persen lebih banyak kalori dari biasanya.

Mengirim pesan teks, bekerja di depan komputer, atau aktivitas mengganggu lainnya selama makan bisa menyebabkan makan terlalu banyak.

Sebaiknya, makanlah di meja makan yang jauh dari distraksi untuk membuat makan lebih sedikit.

9. Hindari Minuman Berkalori

Meskipun kebanyakan orang tahu bahwa mereka harus menghindari soda dan milkshake saat ingin menurunkan berat badan.

Tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa minuman yang diiklankan untuk meningkatkan performa atletik atau meningkatkan kesehatan juga bisa mengandung kalori yang tinggi.

Bahkan jus kemasan, yang sering dipromosikan sebagai minuman sehat, dapat menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Untuk itu, lebih baik perbanyak minum air putih, selain sehat dan memiliki banyak manfaat, air putih juga mengandung 0 kalori.

10. Baca Label Nutrisi pada Makanan

Mengetahui cara membaca label makanan dapat membantu memilih opsi makanan dan minuman yang lebih sehat.

Gunakan informasi nutrisi untuk melihat kandungan karbohidrat, gula, lemak, dan kalori untuk mengetahui apakah makanan atau minuman tersebut sehat dan cocok dengan tunjangan kalori harian.

Walaupun mengatur pola dan kebiasaan makan yang sehat membutuhkan waktu tidak singkat untuk melihat hasilnya. Akan tetapi, cara tersebut lebih efektif karena akan menjaga berat badan ideal dalam jangka waktu yang lama.


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda