12 Destinasi Wisata Brebes, Menikmati Pesona Kota Telur Asin - Warta Brebes

Jumat, 25 Desember 2020

12 Destinasi Wisata Brebes, Menikmati Pesona Kota Telur Asin

Bosan dengan spot wisata yang itu-itu saja di Jawa Tengah? Mengapa tidak mengunjungi destinasi wisata di Brebes yang tidak kalah istimewanya dengan kota lain.

Faktanya, sebagai kabupaten terluas kedua di Jawa Tengah, Brebes memiliki potensi wisata dan alam yang tiada duanya. Kabupaten yang terkenal sebagai penghasil telur asin dan bawang merah di Indonesia ini juga memiliki bentang alam dan lanskap yang begitu memesona. Kreativitas warganya untuk memberikan warna tersendiri pada setiap tempat wisata yang ada juga menjadikan Brebes menjadi salah satu tujuan wisata alternatif di wilayah Pantai Utara Jawa.

Dari cagar alam hingga pemandian air panas, air terjun hingga pantai dan bukit yang menawan, waduk dan perkebunan yang eksotik, inilah destinasi wisata di Brebes yang dapat menjadi tujuan Anda di liburan berikutnya.

1. Agrowisata Kaligua


Perkebunan teh selalu menyuguhkan pemandangan hijau yang menarik dan udara segar, tidak terkecuali di Agrowisata Kaligua.

Selain memiliki pemandangan perkebunan teh yang hijau dan menawan, destinasi wisata di Brebes ini juga memberikan kesempatan untuk Anda menenangkan diri sekaligus refreshing di tengah perkebunan yang asri.

Lokasi: Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

2. Kalibaya Park

Taman Kalibaya menjadi destinasi wisata Brebes yang dapat dikunjungi jika Anda tertarik menikmati lanskap alam yang istimewa dari ketinggian.

Berada di wilayah Salem, Anda dapat melemparkan pandangan jauh ke segala penjuru di sejumlah spot gardu pandang yang dibuat cukup menarik. Berswafoto di sini sangat direkomendasikan.

Lokasi: Pasir Panjang, Salem, Area Hutan, Bandungsari, Banjarharjo, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

3. Pabrik Gula Jatibarang

Tidak dapat dimungkiri, semua hal yang bersejarah selalu menarik untuk dinikmati, terutama bagi Anda yang gemar dengan semua hal berbau vintage. Tidak terkecuali Pabrik Gula Jatibarang, yang sudah berusia 175 tahun lebih.

Pabrik Gula Jatibarang adalah salah satu peninggalan Belanda di Brebes yang masih eksis shingga saat ini. Yang menarik ialah banyaknya spot asyik untuk dijadikan background foto. Selain itu, nuansa yang oldies terkait infrastruktur bangunan, mulai dari rel kereta hingga lori pengangkut tebu, memberikan kesan pas untuk berwisata sejarah.

Lokasi: Jalan Raya Jatibarang – Slawi, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah

4. Gardu Pandang Panenjoan Salem

Selalu ada spot asyik untuk menikmati pesona dan pemandangan alam dan destinasi wisata di Brebes salah satunya ada di Panenjoan Salem.

Dari spot ini, Anda tidak hanya menikmati bentang alam menarik di lokasi Wanoja, Salem, tapi juga udara segar yang bersih, pas untuk mengisi ruang di paru-paru. Selain itu, banyak juga gardu pandang menarik yang dapat dijadikan spot foto kekinian Anda.

Lokasi: Dukuh Babakan, Wanoja, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

5. Ranto Canyon

Tertarik menjelajah liburan penuh tantangan di Brebes, Ranto Canyon dapat menjadi destinasi wisata yang dituju. Aliran sungai yang cukup deras mengalir di antara dua tebing eksotik dijamin akan memberikan kesan mendalam bagi penikmatnya.

Berwisata di Ranto Canyon Anda harus siap basah-basahan. Untuk mendapatkan kesan maksimal, Anda dapat sekadar berenang, cliff jumping hingga body rafting. Tapi harus waspada dan jaga keselamatan diri.

Lokasi: Gunungtajem, Winduasri, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

6. Curug Rambukasang

Tak jarang warga Brebes yang tidak mengetahui keberadaan curug ini. Maklum, lokasinya memang tersembunyi dan akses masuk yang cukup menantang.

Namun, setibanya di lokasi, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun dengan debit air cukup deras dengan panorama yang masih alami. Kolam tempat curahan air terjun juga cukup mengesankan untuk dijadikan spot berenang dan bermain. Ditambah udara segar dan pemandangan hijau di sekeliling, destinasi wisata di Brebes ini layak masuk dalam daftar kunjungan Anda.

Lokasi: Desa Ciseureuh, Ketanggungan Selatan, Brebes, Jawa Tengah

7. Curug Putri

Tidak jarang air terjun di Indonesia yang dijuluki Curug Putri, dan hampir semuanya memiliki kesamaan, indah nan istimewa. Tidak terkecuali dengan Curug Putri yang ada di Brebes ini.

Yang menarik dari destinasi wisata di Brebes ini ialah bukan hanya cucuran airnya yang deras, yang menimbulkan percikan air menyegarkan, tapi juga karena pemandangan di sekitar air terjun yang menarik. Dinding tebing Curug Putri menunjukkan tekstur yang istimewa dengan bentuk bebatuan berlapis.

Lokasi: Dukuh Padanama, Desa Mendala, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Propinsi Jawa Tengah

8. Bukit AADT

Yang kesulitan bersyukur atas karunia Tuhan boleh melipir ke Bukit Tukung. Dijamin, melihat keindahan dan pesona ciptaan-Nya dari tempat ini, Anda tidak akan berhenti untuk kagum dan bersyukur.

Di bukit yang terkenal dengan sebutan Ada Apa Dengan Tukung (AADT) ini memang menyajikan pesona alam Brebes yang dapat dinikmati dari sejumlah gardu pandang yang instagrammable.

Lokasi: Batursari, Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

9. Waduk Penjalin

Sadar bahwa pariwisata Indonesia terus berkembang, waduk penjalin juga ikut berbenah. Alhasil, destinasi wisata di Brebes itu sekarang menjadi salah satu destinasi wisata hits yang ramai dikunjungi.

Pemandangan di sekitar waduk yang asri, ditambah dengan sejumlah spot foto selfie yang keren menjadi salah satu daya tarik pengunjung waduk ini. Selain itu, ada juga beragam fasilitas rekreasi yang dapat dimainkan, yang menjadikan spot wisata ini pas dijadikan destinasi wisata keluarga.

Lokasi: Jalan Raya Waduk Penjalin 41, RT 03/ 01, Waduk Penjalin, Winduaji, Paguyangan, Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

10. Bukit Baper



Perpaduan nuansa perbukitan dengan pemukiman warga, yang diwarnai aliran sungai, hutan pinus dan juga persawahan, menjadikan pemandangan yang asyik untuk dinikmati di Bukit Baper Batursari.

Yang menjadikan destinasi wisata di Brebes ini semakin eksotis adalah kerapnya lokasi ini diselimuti kabut tebal, yang membuat panorama alam di sekitar lebih menarik dan syahdu. Ingin momen terbaik, datang di waktu sore hingga malam untuk menikmati sunset hingga city light yang menawan.

Lokasi: Batursari, Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

11. Taman Mangrove Pandansari

Di sisi utara Brebes, Anda dapat menikmati konsep wisata yang jauh berbeda dari destinasi wisata yang ada di sisi selatan, yang memaksimalkan potensi pantai. 

Di hutan mangrove Pandansari, Anda dapat menjelajahi hutan ini dengan melalui jalan papan yang sudah disiapkan pengelola. Selain itu, ada juga perahu dan banyak spot selfie menarik yang dapat dijadikan sasaran berfoto Anda.

Lokasi: Dukuh Pandansari, Kaliwlingi, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

12. Bukit Bintang Capar

Bagaimana tidak eksotik, di momen tertentu, Bukit Bintang Capar dapat menjadi spot menarik menyaksikan alam Brebes yang tertutup oleh kabut. Kesannya seperti berada di negeri di atas awan.

Namun yang pasti, destinasi wisata di Brebes ini menjadi salah satu spot wisata hits yang terus dikembangkan. Banyak spot foto asyik dan menantang untuk kegiatan berselfie Anda.

Lokasi: Capar, Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda