-->

7 Alasan Mengapa Orang Ngapak Adalah Calon Mantu Idaman

Di belahan Indonesia bagian mana pun, pasti Anda memiliki teman dengan logat unik dan asik. Logat ini berbeda dengan logat Suku Jawa pada umumnya. Tidak ada halus-halusnya jika mampir ke telinga. Itulah bahasa Ngapak.

Logat yang hanya dimiliki orang asli Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Brebes, dan Tegal. Mungkin tak jarang dari Anda yang ketika mendengar orang berlogat atau berbicara dengan logat ngapak akan tertawa geli. Atau minimal memincingkan mata menajamkan telinga untuk menebak-nebak.

Di balik keunikannya, ternyata orang ngapak memiliki semua kriteria untuk menjadi calon mantu idaman. Tidak percaya? Mari kita simak alasannya!

1. Orang Ngapak Yaitu Orang yang Apa Adanya

Dari sisi geografis dan historis, wilayah yang di huni mayoritas penduduk berlogat ngapak jauh dari kawasan keraton di Jawa. Inilah yang mengakibatkan mengapa tingkat kehalusan bahasanya berbeda dengan Yogyakarta atau pun Solo. 

Itu juga yang mengakibatkan orang ngapak sejak dari nenek moyang jauh dari intrik kekuasaan. Hal tersebut berpengaruh pada kesehariannya, yang jarang memakai topeng. Apa yang dirasakan, itulah yang diucapkan.

Jika bercanda yang keluar adalah true colournya. Orang ngapak tidak nyaman memakai topeng. Memakai sesuatu yang bukan nature-nya.

Jika keterbukaan adalah salah satu syarat untuk membentuk rumah tangga yang langgeng, orang ngapak sudah memilikinya. Dari lahir.

2. Orang Ngapak Memiliki Sifat Humoris

Coba Anda perhatikan jika Anda melihat dua orang dengan logat ngapak mengobrol satu sama lain. Sedikit-sedikit Anda akan mendengar canda tawa diantara keduanya. Bahkan walaupun Anda tidak mengerti bahasanya, Anda tetap akan dapat tertawa.

Banyak kata-kata panggilan unik yang hanya orang ngapak mengerti. Seperti Daplun, Kucluk, Gondes, dan lain sebagainya.

Sudah dapat dipastikan rumah tangga Anda kelak akan jauh lebih berwarna jika pasangan Anda memiliki logat ngapak.

3. Orang Ngapak Tidak Mudah Sakit Hati

Para ngapakers sudah terbiasa dengan ledekan karena memiliki logat yang berbeda. Tidak jarang jika orang ngapak merantau, banyak mendapat celetukan:

“Cantik sih, sayang ngapak.”

“Ganteng-Ganteng kok ngapak?”

“Coba dong ngomong lagi pake logat ngapak.”

Awalnya saja yang kaget, tetapi selanjutnya mereka justru menikmatinya. Mengapa? Karena membuat orang lain tertawa adalah ibadah. Tidak enak kan kalau punya teman yang sedikit-sedikit ngambek? Sedikit-sedikit baper?

Nah, hal itu tidak akan terjadi jika pasangan Anda adalah orang ngapak.

4. Mudah Menemukan Laki-Laki atau Perempuan Manis yang berlogat Ngapak

Memang untuk kategori ganteng dan cantik yang mainstream, masih kalah dari Bandung, Jakarta, atau Manado. Jika definisi cantik atau ganteng adalah hidung mancung, tubuh tinggi, dan kulit putih. Karena sebagian besar orang dengan logat ngapak memiliki hidung minimalis, tinggi ideal, dan kulit sawo matang.

Namun justru itulah yang membuat kecantikan dan kegantengannya natural. Pas, tidak berlebihan.

Jika Anda berharap wajah pertama yang Anda lihat di pagi hari adalah wajah yang menentramkan walaupun tanpa polesan make up, carilah pasangan orang ngapak.

5. Orang Ngapak Adalah Tipe Yang Setia

Apa perbedaan mendasar dari logat ngapak dengan Jawa yang lainnya. Ya, tentu saja penyebutan huruf vokal “a” dan “o”.

“Opo” di Solo, menjadi “Apa” di Tegal.

“Ojo” di Jogja, menjadi “Aja” di Brebes.

“Sopo” di Semarang, menjadi “Sapa” di Banyumas.

Menurut sejarah, hal tersebut dimulai ketika kerajaan Mataram memperbaharui mengganti vokal “a” menjadi “o”, warga dengan logat ngapak memilih setia menggunakan “a”. Kesetiaan yang dipegang teguh hingga anak cucu.

Jadi kalau logat saja dipertahankan dengan begitu setia, apalagi pasangannya?

6. Orang Ngapak itu Kreatif

Hal ini sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Ketika para ahli bahasa berdebat tentang kosa kata Bahasa Indonesia yang kalah lengkap dengan Bahasa Inggris, Bahasa Ngapak membalikkan persepsi itu. Banyak sekali kosa kata dalam bahasa ngapak yang tidak ditemukan artinya dalam Bahasa Indonesia bahkan Inggris!

Keragaman berbahasa pasti lahir dari sebuah kreatifitas yang tidak dapat diremehkan. Silahkan coba cari padanan kata yang pas untuk kata-kata ini: Nylekamin, Cempulek, Mblekataket, Kemlinthi.

Tidak akan ada hubungan yang membosankan, ketika pasangan Anda memiliki kreatifitas yang tinggi. Dan sekarang Anda sudah tahu di mana menemukan species-species kreatif untuk Anda kenalkan pada orang tua.

7. Orang Ngapak Memiliki Keberanian Di Atas Rata-Rata

Mengapa orang dengan logat ngapak ada dimana-mana, hal ini menjelaskan semuanya. Warga ngapak memang terkenal berani dalam merantau. Mereka menyesaki isi dunia, dengan penuh keberanian menantang resiko. Pergi merantau tanpa kepastian dan sanak saudara saja berani, apalagi cuma pergi memintamu ke orang tuamu?

Itulah tujuh alasan Mengapa orang ngapak masuk kategori Calon Mantu Idaman. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel