Cegah Ancaman Varian Baru Virus Corona, China Larang Penerbangan dari dan ke Inggris - Warta Brebes

Kamis, 24 Desember 2020

Cegah Ancaman Varian Baru Virus Corona, China Larang Penerbangan dari dan ke Inggris

 

BEIJING - Langkah negara-negara Eropa membatalkan penerbangan dari dan ke Inggris mulai, Kamis (24/12) waktu setempat, diikuti juga oleh China.

Penangguhan itu menyusul upaya ketat yang sudah dilakukan China untuk mencegah penyebaran virus corona varian baru. Utamanya kasus impor di negerinya yang saat ini sudah bangkit dari wabah itu seperti dilaporkan AP.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Wang Wenbin, menyatakan dalam briefing hariannya, bahwa "Mengingat kejadian luar biasa dari mutasi virus dan potensi penularannya, maka penerbangan antara China dan Inggris akan ditangguhkan."

China sebelumnya telah memberlakukan persyaratan masuk yang ketat untuk menanggulangi penyebaran virus corona. Pada November lalu, China melarang kedatangan orang-orang asing dari sejumlah negara termasuk India, Inggris, Belgia, dan Filipina.

Operator internasional sebagian besar dibatasi untuk satu penerbangan per minggu. Larangan penerbangan baru akan mencegah warga negara China yang berbasis di Inggris untuk kembali ke China.

Kekhawatiran penularan varian baru virus corona ini pun melanda Jerman, Irlandia, Italia, Belanda, dan Belgia. Negara-negara itu menghentikan penerbangan dari dan ke Inggris awal pekan ini.

Begitu juga dengan Turki dan Kanada yang telah melarang penerbangan masuk dari Inggris tanpa batas waktu yang ditentukan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda