Gelar Pilkades Serentak di Pemalang, Terapkan Protokol Kesehatan - Warta Brebes

Sabtu, 26 Desember 2020

Gelar Pilkades Serentak di Pemalang, Terapkan Protokol Kesehatan

 

PEMALANG - Sebanyak 28 desa di Pemalang akan melangsungkan pemilihan kepala desa (pilkades), Minggu (27/12). Pelaksanaan ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan lantaran kondisi masih pandemi.

“28 desa melakukan pilkades serentak. Pelaksanaannya dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Bupati Pemalang Junaedi, usai apel gelar pengamanan pilkades di Mapolres Pemalang, Sabtu (26/12).

Menurutnya, protokol kesehatan dalam pelaksanaan pilkades seperti dengan pilkada yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Pemalang.

“Jumlah pemilihnya dibatasi maksimal 500 orang di masing-masing TPS, dan kedatangannya dijadwal sesuai jam yang tertera pada undangan yang diberikan,” kata Junaedi.

Selanjutnya, panitia juga akan menyiapkan tempat cuci tangan, dan mengenakan pelindung wajah. Sedangkan pemilih datang ke TPS diwajibkan memakai masker.

Sementara itu, menghadapi pilkades serentak, Polres Pemalang telah menyiapkan 950 personel. Mereka bertugas ke lapangan demi menjaga terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif dan aman.

"Polres Pemalang menyiapkan 903 personel, dalam pelaksanaannya diperkuat oleh personel BKO dari Polres se eks wilayah Pekalongan, TNI dari Kodim 0711/Pemalang, Kodim 0712/Tegal, Sat Radar Tegal, Lanal Tegal dan pemerintah daerah,” ujar Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho.

Seluruh personel TNI-Polri yang melaksanakan pengamanan pilkades serentak ini, menurut Ronny, juga sudah mengikuti rapid test. Hasilnya non reaktif.

Seluruh personel juga diminta memberikan contoh penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat saat bertugas.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda