-->

Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, Harga Cabai di Tegal Naik Drastis

TEGAL - Menjelang perayaan natal dan tahun baru, harga sejumlah komoditi pangan di beberapa pasar tradisional di Kota Tegal mengalami kenaikan drastis. Kenaikan tertinggi terjadi pada cabai merah mencapai Rp 60.000 per kilogram.

Salah satu pedagang di pasar pagi Wapitriana menyatakan harga cabai yang biasanya Rp 30.000, saat ini mengalami kenaikan hingga 100 persen. Untuk cabai merah keriting sudah mencapai Rp 60.000 dan besar Rp 55.000 per kilogram.

"Untuk cabai rawit hijau dari Rp 14.000 saat ini mencapai Rp 45.000. Kenaikan karena harga kulakan sudah mahal," ujarnya.

Kepala bidang perdagangan Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Tegal Wineksi Dwi Prabandari menyatakan pihaknya sudah melakukan monitoring harga di pasar. Kenaikan tertinggi terjadi pada komoditi cabai merah keriting.

Wineksi menegaskan, kalau sembako masih dapat diatasi dengan operasi pasar. Harapannya harga yang sudah mulai naik dapat kembali stabil. "Kita berharap sampai akhir tahun harga stabil kembali dan kebutuhan masyarakat bisa tercukupi," paparnya.

"Dari keterangan pedagang dari distributor memang sudah tinggi. Ketersediaan mencukupi namun harganya melonjak tinggi," tuturnya.

Menurut Wineksi, kenaikan itu yang perlu disikapi pihak terkait untuk dapat koordinasi dengan distributor. Sedangkan untuk sembako harganya masih relatif terjangkau.

Karenanya, sambung Wineksi, untuk mengantisipasi kenaikan harga sembako, pihaknya bersama Bulog telah melakukan operasi pasar. Itu dilakukan untuk stabilisasi harga dan ketersediakan stok kebutuhan pokok masyarakat.

"Operasi pasar untuk komoditi gula pasir, daging, minyak goreng, daging sapi beku, daging ayam, telur, beras," pungkasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel