Libur Natal dan Tahun Baru, Tol Pejagan-Pemalang Dipadati Pemudik - Warta Brebes

Kamis, 24 Desember 2020

Libur Natal dan Tahun Baru, Tol Pejagan-Pemalang Dipadati Pemudik

 

BREBES - Libur Natal dan Tahun Baru mendatang, Tol Pejagan-Pemalang mulai dipadati oleh pemudik. Bahkan dalam tiga hari terakhir tercatat mencapai 87.000 kendaraan pemudik yang melintas via tol tersebut.

Informasi yang dihimpun di lapangan, data PT Pejagan-Pemalang Tol Road (PPTR) menyebutkan, 87.000 kendaraan tersebut mulai tanggal 21-23 Desember lalu.

Senin (21/12) misalnya, tercatat sebanyak 24.000 kendaraan melintas masuk Jateng. Kemudian, pada Selasa (22/12) mengalami kenaikan. Tercatat ada sekitar 26.000 kendaraan pemudik melintas.

Lonjakan mulai terjadi pada Rabu (23/12) dengan jumlah kendaraan melintas mencapai 37.000 kendaraan pemudik.

Kepala Cabang PPTR Ia Dwinanto membenarkan adanya lonjakan arus mudik libur Natal dan Tahun baru. Bahkan, banyaknya pemudik membuat sejumlah rest area di Tol Pejagan-Pemalang dipadati kendaraan pemudik.

Dengan kondisi itu, pihak pengelola tol menerapkan sistem buka tutup di rest area untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes).

"Dalam tiga hari terakhir, lonjakan arus pemudik mulai dirasakan. Jika dirata-rata selama bulan Desember ini mengalami kenaikan volume kendaraan yang melintas hingga sekitar 40 persen dibandingkan kondisi normal," jelasnya.

Karenanya, untuk tetap menjaga protokol kesehatan, pihaknya berkoordinasi dengan jajaran Polres Brebes menerapkan kebijakan buka tutup rest area. Sehingga, jika pemudik yang ada di rest area sudah memenuhi batas, maka pemudik yang hendak masuk akan diarahkan ke rest area berikutnya.

"Tujuan sistem buka tutup ini tidak lain untuk menghindari kerumunan. Sehingga, pemudik tetap mematuhi prokes yang ada," paparnya. 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda