-->

Pemkab Brebes Berupaya Bangunkan Balai Latihan Kerja di Kawasan Industri

 

BREBES - Hingga saat ini, Pemkab Brebes belum memaksimalkan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk menunjang keterampilan para calon pekerja. Padahal, Kabupaten Brebes sudah ditetapkan sebagai daerah kawasan industri. Karena ini menjadi salah satu penyebab tenaga kerja di Brebes tidak sesuai dengan pasar tenaga kerja di daerahnya.

Minimnya keterampilan calon pekerja diakui oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Brebes. Saat ini Pemkab Brebes sedang berupaya agar dibangunkan gedung BLK di antara lokasi kawasan industri. Langkah ini sebagai upaya tenaga kerja Brebes dapat bekerja di daerahnya sendiri.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Tenaga Kerja Dinperinaker Brebes, Tusdi menyatakan, Kabupaten Brebes sebenarnya sudah memiliki BLK. Namun pada tahun 2017, gedung BLK yang dimiliki Pemkab Brebes ambruk sebab puting beliung. Gedung itu terletak di Desa Wangandalem Kecamatan Brebes.

"Untuk pelatihan bagi pencari kerja, beberapa tahun lalu sudah ada BLK. Namun, semenjak disapu angin puting beliung sampai saat ini belum ada lagi," ungkapnya.

Tusdi menjelaskan, saat ini Kabupaten Brebes belum memiliki BLK, sehingga tidak ada pelatihan untuk para pencari kerja. Sementara ini, para pelamar kerja asal Brebes dititipkan di sejumlah Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) swasta yang ada di Brebes. Di LPK tersebut, mereka mendapat pelatihan keterampilan sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja.

"Saat ini pekerja yang memiliki keahlian menjahit sangat dibutuhkan di industri di sini. Baik penjahit di pabrik garmen maupun pabrik sepatu. Jadi keterampilan tenaga kerja kita yang memang harus sesuai dengan kebutuhan pasar," tambahnya.

Tusdi menyatakan, pihaknya sudah mengusulkan agar tahun depan dibangunkan BLK di Kawasan Industri Brebes. Hal ini menjadi kebutuhan mendesak seiring sudah banyaknya industri atau perusahaan yang berdiri di Kabupaten Brebes. Namun, hingga saat ini tenaga kerja yang dimiliki Kabupaten Brebes keterampilannya belum sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Sudah kami usulkan, lokasinya dekat dengan Jalan Lingkar Utara (Jalingkut) Brebes-Tegal. Semoga dapat membantu para pencari kerja untuk bisa mendapatkan keterampilan," paparsnya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel