-->

RSUD Brebes Berlakukan Sistem Triage Covid-19, Upaya Cegah Penularan Terhadap Nakes

 

BREBES - Upaya mencegah penularan Covid-19 kepada tenaga medis, RSUD Brebes berlakukan sistem triage dan skrining, bagi para pasien yang datang untuk berobat.

Selain untuk mencegah penularan, langkah tersebut juga mengantisipasi sikap ketidakjujuran pasien terhadap riwayat sakitnya.

Dalam sistem triage dan skrining, ada beberapa fasilitas yang sudah disiapkan. Di antaranya, ruang triage berkapasitas 8 tempat tidur, ruang skrining pasien poliklinik, hingga ruang tunggu khusus pasien Covid-19.

Direktur RSUD Brebes drg Oo Suprana menyatakan, penerapan sistem tersebut tidak lain supaya pasien yang masuk ke IGD mendapat pemantauan dan pemeriksaan awal Covid-19. Ketika hasilnya diketahui positif, maka akan langsung dimasukkan ke ruang khusus pelayanan Covid-19. Sedangkan jika hasilnya negatif, pasien masuk ke layanan biasa.

"Selain itu, kami juga memiliki dua ruang ICU, yaitu untuk pasien khusus Covid-19 dan pasien biasa. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena ruangannya terpisah," lanjutnya.

Sampai saat ini, ujar dia, pihak RSUD Brebes sudah menangani sejumlah 412 orang pasien Covid-19. Dari jumlah itu, sebanyak 279 orang dinyatakan sembuh, 49 orang masih dirawat, 3 orang dirujuk, dan 81 orang meninggal dunia.

"Langkah ini dimaksudkan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 terhadap tenaga media di RSUD. Apalagi, sudah banyak para tenaga kesehatan yang menjadi korban tertular Covid-19," katanya.

Sementara itu, untuk kapasitas ruang perawatan pasien Covid-19 ada sebanyak 110. Ruang itu terbagi di empat bangsal, yaitu Wijaya Kusuma, Dahlia, Mawar dan Melati.

"Hingga saat ini masih ada 49 pasien yang dirawat. Jadi kami harapkan, adanya sistem ini dapat mencegah penyebaran Covid-19 terhadap tenaga media," ujarnya.

Disebutkannya, sistem skrining juga diterapkan kepada pasien yang akan periksa di poliklinik. Prosesnya sama, pasien sebelum mendapat pemeriksaan dari dokter, mereka diskrining Covid-19 terlebih dahulu. Jika hasilnya negatif, maka dapat melanjutkan pemeriksaan. Namun jika hasilnya positif, pasien akan dirujuk ke penanganan Covid-19.

"Selama menunggu skrining, pasien dapat menunggu di tempat khusus. Untuk pasien rawat inap, kami siapkan ruang triage berkapasitas 8 tempat tidur. Kalau untuk pasien rawat jalan, kami siapkan ruang tunggu sesuai protokol kesehatan," paparnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel