-->

Tips Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

Memilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit bukanlah hal yang mudah. Bagi sebagian orang, kulit wajah ialah area yang lebih sensitif dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Jika Anda salah menggunakan skincare sesuai jenis kulit, bisa jadi menimbulkan masalah pada kulit. Lalu, bagaimana tips memilih skincare yang tepat?

Tips Memilih Skincare Sesuai Jenis Kulit

Hal dasar yang harus Anda perhatikan saat memilih skincare ialah kondisi dan jenis kulit. Sebelum memakainya, kenali dahulu jenis kulit, lalu pilih skincare yang tepat sesuai kondisi kulit. Sebagian orang akan memiliki kulit yang sensitif, berjerawat, kemerahan, atau kering. Untuk menentukan jenis kulit, diskusikan langsung dengan dokter, supaya Anda tidak salah membeli produk dan membahayakan kulit wajah. 

Jika Anda telah menentukan jenis kulit, berikut tips memilih skincare sesuai dengan jenis kulit:

Kulit Berminyak

Dibanding dengan jenis kulit kering, pemilik kulit berminyak memiliki lebih banyak keunggulan, yakni wajah tidak mudah keriput, sehingga tampak lebih awet muda. Buruknya ialah, pemilik kulit berminyak akan lebih rentan mengidap masalah kulit, di antaranya seperti jerawat, komedo, dan pori-pori besar. Tips memilih skincare yang cocok untuk kulit berminyak adalah yang tidak mengandung minyak.

Jangan lupa untuk memakai pelembap, karena kulit berminyak butuh pelembab yang kadarnya sedikit dari yang dibutuhkan pemilik kulit kering. Selain itu, kulit berminyak cocok dengan skincare yang teksturnya berbentuk gel. Jangan lupa memperhatikan kemasan serta petunjuk penggunaan. Lalu, cari tahu apakah produk tersebut cocok untuk pemilik kulit berminyak.

Kulit Kusam

Kulit kusam biasanya dialami oleh pemilik kulit kering. Tetapi, dengan melakukan perawatan yang tepat, masalah kulit kusam bisa diatasi dengan baik. Salah satu yang dapat dilakukan pemilik kulit kusam ialah selalu menggunakan tabir surya setiap bepergian ke luar rumah. Selain itu, pilih jenis skincare yang bisa melembapkan kulit dan memiliki efek mencerahkan. Dengan demikian, wajah tidak akan terlihat kusam.

Kulit Kering

Pemilik kulit kering akan lebih rentan terhadap keriput, tidak heran jika garis halus lebih mudah terlihat. Wajah pemilik kulit kering lebih rentan terlihat kusam dan tidak bercahaya. Kulit kering ini biasa jadi masalah kalau Anda tinggal atau melakukan traveling di tempat dengan cuaca dingin.

Selain cuaca dingin, pemilik kulit kering harus waspada terjadinya perubahan hormon. Untuk mencegah kulit kering semakin parah, pemilik kulit kering jangan terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat, dan memilih skincare sesuai jenis kulit dengan bahan yang melembapkan, seperti hydrating toner.

Pemilik kulit kering lebih cocok menggunakan skincare dengan tekstur krim atau balm. Hindari produk skincare bahan dasar alkohol, karena alkohol akan menyerap air pada wajah serta membuat kulit kering.

Kulit Sensitif

Jenis kulit sensitif dapat mempunyai kulit kering atau berminyak, yang membedakan ialah respon yang ditunjukkan kulit saat mengalami kontak dengan zat kimia atau bahan tertentu. Kalau kulit Anda mengalami kemerahan saat memakai produk skincare tertentu, sebaiknya segera dihentikan. Hindari produk dengan kandungan alkohol, dan pilih skincare dengan kandungan bahan alami yang direkomendasikan untuk kulit sensitif.

Ada banyak produk skincare yang beredar di pasaran untuk masing-masing jenis kulit. Tentu saja, tidak seluruh produk kecantikan cocok untuk kulit Anda. Jadi, Anda perlu memerhatikan dengan baik. Sebelum memakai skincare, ada banyak yang mesti dipertimbangkan dahulu, Agar Anda tidak salah pilih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel