-->

19 Prospek Kerja Lulusan Statistika

Anda ingin masuk kuliah jurusan statistika? Tapi, masih bingung apa saja prospek kerja dan karir lulusan statistika.

Mungkin Anda juga suka dengan mengolah data menjadi suatu informasi penting?

Atau mungkin Anda ingin mendaftar kuliah statistika di kampus favorit dan ingin tahu apa saja peluang kerja lulusan statistika?

Sebelum tahu prospek kerja dan tugas dari pekerjaan yang berhubungan dengan statistika, alangkah baiknya mari pahami tentang statistika terlebih dahulu.

Apa itu Statistika?

Statistika adalah ilmu yang hampir mirip dengan matematika namun lebih spesifik ke arah pengolahan data.

Secara khusus, statistika mempelajari, mengumpulkan, menganalisis, serta mencari data sehingga dapat dijadikan informasi yang bermanfaat untuk banyak orang.

Untuk Anda yang menyukai perhitungan, analisis data, dan pengolahan data menjadi suatu informasi maka jurusan statistika dapat menjadi pilihan yang sangat tepat.

Seorang lulusan statistika dapat bekerja pada lingkup yang luas termasuk bidang bisnis, keuangan, manajemen operasi, serta industri lainnya.

Apa Saja Tugas dari Seorang Lulusan Statistika?

Para ahli statistik bertugas dalam mempraktikan ilmu dari penggunaan data untuk membuat suatu keputusan.

Seorang statistikawan akan memutuskan data yang dibutuhkan, cara mengumpulkan data, merancang eksperimen, melakukan analisis, menafsirkan data, serta melaporkan kesimpulan.

Menariknya, seorang lulusan statistika tidak seperti kebanyakan profesi karena Anda dapat bekerja di banyak bidang atau masalah.

Anda dapat bekerja di banyak bidang seperti permasalahan lingkungan, perawatan kesehatan, keselamatan publik, bisnis, serta olahraga.

Ke depannya, sebagai ahli statistik Anda akan bekerja sama atau berkolaborasi dengan pekerjaan dalam bidang komputer, biomedis, lingkungan, genetika, dan juga ilmu sosial.

Prospek Kerja dari Lulusan Statistika?

Seiring perkembangan teknologi dan semakin banyaknya informasi maka pertumbuhan data setiap waktu akan semakin banyak. Sehingga saat ini muncul istilah baru big data yang sedang populer.

Ada banyak sekali prospek kerja sebagai lulusan statistika yang dapat Anda pilih.

Berikut ini beberapa pekerjaan di bidang statistika yang dapat Anda coba.

1. Data Scientists

Walaupun ilmu pengolahan data bukanlah ilmu yang baru, akan tetapi ilmu ini sangat dibutuhkan di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Saat ini semakin banyaknya pertumbuhan data menuntut untuk mengolah data lanjutan menggunakan komputer sehingga dapat lebih cepat dan efisien.

Seorang data scientist bertugas untuk clean up (membersihkan), memproses, serta mengolah big data yang telah dikumpulkan oleh data engineer.

Seorang data scientist akan secara reguler berhubungan dengan suatu infrastruktur data, akan tetapi Anda tidak bertugas untuk membangun maupun memeliharanya karena itu tugas seorang data engineer.

Jika Anda menjadi seorang data scientist dan memiliki kemampuan matematika lanjut dan analisis statistik. Maka tugas Anda berfokus pada riset pasar serta bisnis untuk mengetahui tren dan peluang dalam suatu bisnis.

Banyak perusahaan besar dan perusahaan start up yang membutuhkan pekerjaan sebagai data scientist seperti PT Bank Central Asia, PT Astra Internasional, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Gojek, serta masih banyak lagi.

2. Data Engineer

Sebagai seorang lulusan statistika, Anda dapat menjadi data engineer yang bertugas dalam mempersiapkan infrastruktur data.

Anda akan dituntut dalam menyiapkan produksi data baik dalam format, realiabilitas data, skalabilitas data, serta keamanan suatu data.

Untuk menjadi data engineer sebaiknya Anda juga memiliki latar belakang sebagai software engineer serta memiliki kemampuan bahasa pemrograman seperti Java, Python, R, serta SQL.

Dengan kemampuan matematika dan statistik yang kuat, diharapkan Anda dapat membantu dalam pendekatan analitik untuk memecahkan masalah dalam suatu bisnis.

Selain itu, seorang data engineer akan berkolaborasi dengan data scientist untuk mengubah big data menjadi informasi yang berharga dan dapat dimanfaatkan.

3. Data Analyst

Lanjut, ke prospek kerja lulusan statistika yang perlu Anda ketahui yakni Data Analyst.

Seorang data analyst bertugas untuk mengambil data, menggunakan jawaban pertanyaan, dan melakukan komunikasi hasil dalam membantu keputusan sebuah perusahaan.

Data analyst secara umum akan menyesuaikan banyak peran untuk membuat suatu keputusan yang lebih baik.

Ada beberapa tugas umum ketika Anda menjadi seorang data analyst antara lain:

membersihkan serts mengatur data yang masih mentah (raw data);

menggunakan statistik deskriptif untuk mendapatkan gambar data;

melakukan analisis tren dari data;

menyajikan hasil analis teknikal kepada clien atau internal tim;

membuat visualisasi dalam bentuk dashboard guna membantu perusahaan untuk menafsirkan dan membuat keputusan menggunakan data;

Beberapa contoh riil tugas seorang data analyst yakni membantu marketing dalam menggunakan data analitik untuk meluncurkan suatu campaign, membantu sales untuk identifikasi target yang lebih tepat, dan lain-lain.

4. Software Engineer

Setiap Anda menggunakan aplikasi maupun membuka halaman website, tentunya itu merupakan salah satu hasil karya dari seorang software engineer.

Tidak dapat dipungkiri, sebagai lulusan statistika Anda berpeluang besar untuk menjadi seorang Software Engineer.

Kebutuhan akan software engineer semakin meningkat untuk membangun suatu perangkat lunak untuk membantu kehidupan melalui teknologi.

Pekerjaan dari seorang software engineer antara lain menggunakan pengetahuan dengan prinsip teknikal dan pemrograman untuk membangun produk software, mengembangkan games, dan menjalankan suatu sistem.

Sebenarnya bidang software engineer sangat luas sekali, namun ada dua tipe utama dari software enginner yaitu pengembang software aplikasi dan pengembang software sistem.

Selain itu, sebagai seorang software engineer kamu akan berkolaborasi bersama tim development, data scientiest, project manager, tim marketing, desainer grafis, dan masih banyak lagi.

5. Aktuaris

Anda dapat bekerja di dalam bidang aktuaris ketika sudah menjadi lulusan statistika.

Profesi ini semakin populer sehingga tidak heran banyak perguruan tinggi menyelengarakan program studi baru Aktuaria dimana-mana.

Menurut Investopedia, Ilmu aktuaria adalah ilmu yang mempelajari risiko keuangan di bidang asuransi dan keuangan dengan berbagai metode matematika dan statistik.

Ilmu aktuaria bermanfaat dalam mendefinisikan, menganalisis, dan memecahkan problem keuangan dari peristiwa di masa depan yang tidak ada kepastian.

Dengan menggunakan ilmu ini, tentunya sangat bermanfaat untuk mengukur suatu risiko yang terjadi menggunakan analisis probabilitas sehingga dampak finansial dapat ditentukan.

Ilmu aktuaria ini biasanya sering digunakan untuk industri asuransi. Misalnya digunakan untuk mempelajari tingkat kematian individu pada usia tertentu sehingga dapat membantu perusahaan dalam memahami jangka waktu pembayaran asuransi.

6. Financial Analyst

Mulai dari industri, institusi, perusahaan, hingga perbankan pasti membutuhkan seorang analis keuangan dalam membantu berbagai pekerjaan

Sebagai analis keuangan Anda diharapkan mempunyai kemampuan mengumpulkan data dan analitik yang kuat serta punya pengetahuan dalam pemodelan keuangan.

Ada beberapa tugas dari seorang analis keuangan antara lain:

Melakukan prediksi keuangan, melaporkan, serta melacak metrik operasional.

Melakukan analisis data keuangan untuk membuat model sistem pendukung keputusan.

Melaporkan kinerja keuangan dan meninjau secara rutin.

Berkolaborasi dengan tim akuntansi untuk memastikan laporan keuangan yang akurat.

Analisis tren untuk mendapatkan keputusan yang optimal.

dan masih banyak lagi tugas lainnya.

Selain itu, sebagai financial analyst kamu akan akrab dengan kueri data dan alat manajemen data seperti Excel, SQL, MS Access, dan lain-lain.

7. Market Researcher

Jika Anda sebagai lulusan statistika yang menyukai tantangan, menganalisis data, dan seorang yang percaya diri maka bekerja sebagai market researcher cocok untuk Anda.

Sebagai market researcher, Anda bertugas untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk klien sehingga dapat membantu dalam membuat keputusan politik, sosial, dan ekonomi.

Anda dapat melakukan penelitian pasar yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Penelitian kuantitatif dalam bentuk statistik dan persentasi yang dapat memberikan hasil cepat. Sedangkan penelitian kualitatif melibatkan analisis opini sehingga terkadang lebih lama.

8. Business Analyst

Seorang businnes analyst bertugas dalam melakukan analisis dalam kegiatan bisnis sehingga dapat mencapai target dari sebuah goals perusahaan atau organisasi.

Bekerja sebagai businnes analyst, Anda dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam dokumentasi, keterampilan teknis yang kuat, manajemen planning, dan manajemen organisasi sehingga bisa berkolaborasi dalam tim.

Ada beberapa tugas penting yang dapat dilakukan sebagai seorang businnes analyst antara lain:

Melakukan analisis kebutuhan;

Mengumpulkan informasi penting dari meeting dan membuat laporan;

Evaluasi proses bisnis, requirement, mengembangkan dan implementasi suatu solusi;

Menjadi penghubung antara stakeholder dan user;

Mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi informasi untuk otomatisasi sistem;

dan masih banyak lagi tugas lainnya.

Sebagai lulusan statistika, tentunya Anda memiliki kesempatan untuk menjadi seorang businnes analyst.

9. Ahli Ekonomi

Sebagai lulusan statistika, Anda berpeluang besar bekerja menjadi seorang ahli ekonomi atau economist.

Tugas Anda sebagai ahli ekonomi antara lain meneliti tren data, mengumpulkan dan menganalisis data, serta melakukan evaluasi terhadap permasalahan ekonomi.

Sebagai ahli ekonom, Anda akan belajar tentang tren dan sejarah untuk melakukan forecasting (peramalan) data untuk masa yang akan datang sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat.

Ahli ekonomi bekerja di bawah instansi pemerintah maupun perusahaan. Dimana ahli ekonomi di perusahaan berperan penting dalam analisis masalah seperti permintaan konsumen serta penjualan untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

10. Financial Manager

Manajer keuangan sangat diperlukan dalam semua keputusan bisnis yang ada untuk mendapatkan keberhasilan bisnis di berbagai sektor.

Sebagai lulusan statistika yang bekerja sebagai manajer keuangan, Anda akan dituntut untuk memberikan panduan serta dukungan keuangan kepada client sehingga bisa mendapatkan keputusan terbaik.

Peran seorang manajer keuangan sangat bervariasi. Misalnya di perusahaan besar berperan dalam analisis strategis, sedangkan di perusahaan kecil dapat berperan dalanm pengumpulan dan penyusunan suatu akun.

11. Ahli Biometrik (Biometrician)

Ahli biometrik adalah gabungan antara ahli biologi dan ahli matematika. Sebagai lulusan statistika dapat juga bekerja menjadi biometrician.

Sebagai seorang biometrician, Anda bertugas menggunakan statistika untuk memberikan saran kepada organisasi tentang masalah yang berkaitan dalam bidang biologi maupun kesehatan.

Misalnya Anda bertugas dalam analisis uji klinis suatu produk untuk mencari manfaat dan efek sampingnya menggunakan analisis data.

Selain itu, contoh lain yakni meninjau langsung produk industri farmasi dalam menentukan kemanjuran suatu obat menggunakan statistik.

12. Mudlogger

Anda lulusan statistika? Tapi ingin kerja di perusahaan pertambangan dan perminyakan? Tidak hanya lulusan geologi saja, tentunya Anda juga bisa bekerja sebagai Mudlogger.

Seorang mudlogger berperan penting dalam pengeboran minyak dan gas dengan cara mengumpulkan informasi dari sampel batuan dan membuat log secara rinci.

Anda akan bertugas dalam memantau dan mencatat aktivitas pengeboran dan memberikan informasi kepada tim pengeboran selama ekstraksi berlangsung.

Sebagian besar mudlogger bekerja di lepas pantai terutama di perusahan minyak dan perusahaan jasa.

13. Operational Researcher

Bekerja sebagai operational researcher, Anda bertugas menggunakan metode analitik untuk membantu organisasi dalam mengembangkan suatu sistem dan prosedur operasional menjadi lebih baik.

Anda dituntut untuk mempunyai kemampuan matematika yang kuat, kepercayaan diri dalam analisis data, dan kemampuan berkomunikasi yang baik.

14. Konsultan

Sebagai seorang ahli di bidang statistik, tentunya Anda dapat berkarir sebagai seorang konsultan baik untuk instansi maupun perusahaan.

Konsultan bertugas dalam meningkatkan performa organisasi dengan membantu memecahkan suatu masalah, mengelola perubahan, dan meningkatkan efisiensi.

Dalam hal ini seorang konsultan dapat membantu meningkatkan kinerja bisnis dalam hal manajemen, struktur, serta strategi bisnis.

15. Youtuber

Profesi youtuber semakin diminati oleh para anak muda di masa sekarang ini karena semakin banyaknya pengguna internet.

Tidak heran profesi ini semakin menjanjikan, termasuk Anda sebagai lulusan statistika dapat mencoba di bidang ini.

Ada banyak youtuber yang secara khusus membahas tentang statistik. 

Anda dapat melihat berbagai channel youtube yang sukses dan membahas tentang statistika antara lain Professor Leonard, zedstatistics, Geek’s Lesson, dan masih banyak lagi.

16. Blogger

Jika Anda senang menulis dan sedikit paham tentang ilmu SEO maka sebagai lulusan statistika dapat bekerja sebagai seorang blogger.

Anda dapat menulis di website, sesuatu yang berhubungan dengan statistika misalnya menulis tutorial ilmu statistika.

Ketika blog Anda sudah banyak pengunjung tentunya dapat menghasilkan uang dengan promosi jualan buku, memasang iklan banner, membuat afiliasi, dan masih banyak lagi.

Contoh website yang berhubungan dengan statistika antara lain Excel Easy, Statistic How To, Listen Data, dan masih banyak lagi.

17. Instansi Pemerintah

Berbagai lembaga pemerintahan tentunya membutuhkan lulusan statistika sebagai pegawai untuk membantu berbagai bidang pekerjaan.

Sebagai lulusan statistika Anda akan melakukan berbagai pekerjaan termasuk analisis keuangan, bekerja sama mengelola keuangan, mengelola anggaran, dan masih banyak lagi.

Tentunya setiap lembaga pemerintahan dan kementerian pasti membutuhkan lulusan statistika misalnya BPS, Badan Keuangan Daerah, Bawaslu, lembaga bank BUMN, dan lain-lain.

18. Dosen

Menjadi pengajar atau dosen di perguruan tinggi tentunya menjadi dambaan bagi banyak orang terutama lulusan statistika.

Akan tetapi, untuk menjadi seorang dosen statistika membutuhkan kriteria minimal dengan gelar master bahkan ada yang minimal doktor.

Bagi Anda yang mempunyai IPK yang tinggi dan ingin mendapatkan beasiswa S2/S3 maka menjadi dosen adalah pilihan yang tepat.

19. PNS

Lulusan statistika setiap ada lowongan CPNS biasanya selalu dibutuhkan dan selalu ada.

Apakah Anda ingin menjadi PNS di bidang statistika dengan gaji dan tunjangan yang tetap?

Selain mendapatkan gaji yang akan meningkat sesuai dengan waktu pengabdian dan pangkat. Tentunya, menjadi PNS merupakan idaman mertua.

Anda dapat bekerja di PNS Kabupaten, PNS Provinsi, maupun PNS Pusat.

Berapa Gaji Lulusan Statistika?

Berdasarkan data dari PayScale, rata-rata lulusan statistika untuk gelar sarjana adalah sebesar $69,633 atau sekitar Rp 1.034.467.848 per tahun.

Jika digolongkan ke dalam bulan maka gaji rata-rata lulusan statistika di luar negeri adalah sekitar Rp 86,2 juta per bulan.

Lalu bagaimana gaji lulusan statistika di Indonesia?

Dibandingkan dengan gaji di luar negeri, pastinya lebih sedikit kalau bekerja di Indonesia.

Tentunya, di Indonesia untuk setiap pekerjaan mempunyai gaji rata-rata yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Sebagai contoh berdasarkan data dari Indeed.com, pekerjaan sebagai Market Analyst mempunyai gaji rata-rata per bulan sebesar Rp 4.752.632. 

Untuk pekerjaan sebagai Business Analyst mempunyai gaji rata-rata per bulan sebesar Rp 5.026.877.

Lalu, untuk seorang di bidang Data Scientist di Indonesia akan mempunyai gaji rata-rata sebesar Rp 9.690.401 per bulan.

Tempat Kuliah Jurusan Statistika

Anda masih bingung mau kuliah di mana?

Kalau mau kuliah kedinasan dengan jurusan statistika, maka Anda dapat mencoba mendaftar ke Politeknik Statistika STIS.

Akan tetapi, ada banyak sekali program studi Statistika baik di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang juga sama bagusnya.

Atau, Anda ingin melanjutkan studi Statistika di luar negeri? Bisa banget.

Ada banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia yang dapat Anda pilih, antara lain:

Statistika UGM – Yogyakarta

Statistika UNPAD – Bandung

Statistika IPB – Bogor

Statistika ITS – Surabaya

dan masih banyak lagi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel