-->

Diundur, Vaksin Covid-19 Akan Tiba di Brebes Februari

Foto: Dokumentasi Antara Foto
BREBES - Vaksin Covid-19 yang sebelumnya telah dijadwalkan akan tiba di Brebes bulan ini hingga saat ini belum juga tiba. Bahkan, dari informasi yang beredar, vaksin Covid-19 akan tiba pada Februari mendatang.

Dilansir radartegal.com, "Untuk vaksin di Kabupaten Brebes Februari, Mas tadi diundur," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sartono melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Imam Budi Santoso. 

Dijelaskannya, saat ini untuk Januari, vaksinasi sudah dicanangkan di empat kabupaten/kota di Jawa Tengah. Keempat daerah itu yaitu Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Magelang dan Surakarta. Lainnya dilaksanakan pada Februari mendatang.

"Untuk kapan pastinya nunggu dari pusat. Ada 31 daerah yang diundur ke Februari, termasuk di Brebes," tuturnya.

Untuk kuota vaksin yang akan didapat, ujarnya, hingga saat ini belum berubah, yaitu Brebes akan mendapat 2.113 vaksin. Namun, pihaknya berharap sambil menunggu pendistribusian nantinya jumlah vaksin yang akan diterima juga akan bertambah.

"Ya kalau harapan kita dapat bertambah. Harapannya sesuai dengan jumlah nakes kita. Sehingga tahapan ini (vaksinasi ke tenaga kesehatan) dapat terpenuhi," paparnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Brebes dalam minggu-minggu ini akan menerima vaksin Sinovac Covid-19 yang telah sampai di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Di tahap awal ini, Pemkab Brebes akan mendapatkan 2.113 vaksin. Di mana, sesuai alokasi dari Pemerintah Pusat (PP) kurang lebih ada 1,4 juta. Sedangkan untuk tenaga kesehatan (nakes) di Brebes ada 6.004 orang.

"Tahap pertama nanti, kita akan mendapatkan 2.113 vaksin. Dan itu akan disalurkan ke yang menjadi skala prioritas," katanya, Selasa (5/1).

Imam menyebutkan, untuk skala prioritas dalam vaksinasi Covid-19 yaitu untuk tenaga medis. Jika itu sudah, nantinya vaksinasi Covid-19 akan dialokasikan untuk pelayan publik (TNI-Polri), dan untuk tenaga yang melayani kasus Covid-19.

"Selain itu juga nanti vaksinasi ini diperuntukkan bagi warga yang rentan. Di mana, di Brebes sendiri ada 900 ribu lebih warga yang rentan dan itu masuk ke skala prioritas. Hanya saja, kita masih menunggu droping dari provinsi," tandasnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel