-->

Pasar Seni Lukis Menarik Perhatian Di Rest Area Banjaratma Brebes

 

BREBES – Pasar Seni Lukis Nasional yang digelar di Rest Area Banjaratma untuk yang kedua kalinya diikuti oleh para pelukis kenamaan di Indonesia. Termasuk beberapa pelukis kenamaan asal Kabupaten Brebes. Ada 12 pelukis asal Brebes yang memamerkan karyanya dalam event ini. Pameran seni lukis ini menarik pengunjung pengguna jalan tol ataupun pengunjung lokal yang sengaja mengunjungi dan melihat langsung pameran tersebut.

Mas Eko menyatan, kegiatan ini telah dilaksanakan untuk kedua kalinya. Event ini sangat bagus karena dapat mengumpulkan seniman lukis dari berbagai daerah di Indonesia bahkan dari luar negeri.

“Pasar seni lukis nasional ini sangat bagus, kegiatan ini dapat untuk ajang bersilaturahmi dan menampilkan kreativitas seniman-seniman lukis daerah”. ungkapnya saat ditemui di lokasi pameran, Rabu, (30/12).

Lanjut Eko, ke depannya event ini dapat dilaksanakan bukan hanya pada akhir tahun saja tetapi dapat diadakan di moment-moment yang lainnya juga. Karena agar membangkitkan seniman-seniman lukis daerah untuk lebih bersemangat dan memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang seni lukis.

“Harapannya seni lukis ini dapat ditularkan ke para generasi muda di Brebes dan juga daerah sekitarnya,” tuturnya.

Peminat seni lukis ini cukup tinggi, selama event berlangsung telah menjual beberapa karyanya. Bahkan pemesanan lukisan datang dari berbagai daerah, salah satunya dari Jakarta. 

“Alhamdulillah, untuk penjualan lumayan dan ada pesanan dari luar daerah juga,” Paparnya.

Harga lukisan ukir dari kayu dibandrol dengan harga 1,5-2.5 juta untuk ukuran besar. Sedangkan ukuran kecil dibandrol 500-750rb. Dan untuk Lukisan Kanvas dibandrol dengan harga sekitar 4 jutaan.

Salah satu pengunjung, Windi, menyatakan pameran seni lukis ini begitu menarik. Apalagi bertempat di salah satu bangunan bersejarah, menambah daya tarik tersendiri. Dapat dijadikan destinasi wisata tersendiri.

“Pameran ini sangat bagus, menjadikan pengunjung betah. Rest area ini bukan hanya untuk beristirahat tetapi juga untuk berwisata,” ujarnya.

Dalam pasar seni lukis nasional ini diikuti oleh 75-80 peserta. Peserta dari luar negeri juga ada yaitu seniman asal Afganistan dan Ekuador. Untuk peserta terjauh di Indonesia ialah seniman asal Papua. Pasar seni ini berlangsung 15 hari, dari 19 Desember hingga 3 Januari.

Pameran lukisan ini adalah kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Brebes bersama Dewan Kesenian Daerah (DKD) Brebes yang bersinergi dengan pihak panitia.

Event nasional ini digelar di Brebes lantaran bekas PG Banjaratma ini adalah magnet kuat pariwisata di Brebes.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel