-->

Pembangunan RSUD Ketanggungan Dinyatakan Rampung

BREBES – Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ketanggungan tahap I sudah rampung, saat ini tengah melalui tahapan pemeliharaan untuk 6 bulan kedepan. Sedangkan untuk tahap II akan dilanjutkan dan telah dianggarkan pada tahun anggaran 2021.

Sementara untuk pelaksanaan pembangunan tahap II masih dalam proses lelang.

Demikian disampaikan Bupati Brebes Idza Priyanti saat melakukan peninjauan di lokasi pembangunan RSU Ketanggungan, Selasa (12/1).

Pembangunan RSUD Ketanggungan didanai APBD 2020 dengan nilai kontrak sebesar Rp 58,5 Miliar dari pagu APBD Rp 62 Miliar dan dilaksanakan oleh PT Chimarder 777 dan PT Chiko Karya.

Untuk tahap II, RSUD Ketanggungan dibiayai APBD Murni dengan pagu anggaran sebesar Rp 29,75 Miliar. Anggaran itu akan digunakan untuk menyelesaikan arsitektur gedung B, RAM, jaringan listrik, landscape dan penunjang lainnya.

“Semoga, pembangunan tahap II bisa segera berjalan lancar dan proses lelang mendapatkan pemenangnya sehingga dapat secepatnya dibangun untuk tahap kedua,” ujarnya.

RSUD Ketanggungan menempati lokasi bekas Terminal Ketanggungan, tepatnya di Jalan RA Kartini No 20, Desa Ketanggungan, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes.

Lokasi ini strategis karena dapat diakses dari berbagai kecamatan, seperti Kecamatan Ketanggungan, Banjarharjo, Losari, Tanjung, Bulakamba, Kersana, Larangan, dan sekitarnya. Untuk memenuhi ketersediaan sarana kesehatan menyongsong tumbuhnya Kawasan Industri Brebes (KIB) dan Kawasan Peruntukan Industri Brebes (KPIB).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes Syatibi melalui Sekretaris DPU Abdul Majid menambahkan, berdasarkan perhitungan Konsultan Perencana Pembangunan RSU Ketanggungan, total kebutuhan biaya Pembangunan RSU Ketanggungan dengan dapat fungsional dan operasional diperlukan biaya sekitar Rp 84 miliar.

Dari dana tersebut untuk membiayai 4 bangunan dan landscape atau kawasan. Empat bangunan tersebut yakni (1) Gedung A (Gedung Penunjang) yang terdiri dari 3 lantai, (2) Gedung B (Gedung Perawatan) yang terdiri dari 3 lantai, (3) Gedung C1 (Gedung Servis) terdiri dari 1 lantai dan (4) Gedung C2 (Gedung Servis) terdiri dari 1 lantai.

Namun, ungkap Majid, pada tahun 2020 kegiatan Pembangunan RSU Ketanggungan dilaksanakan dengan Pagu Anggaran sebesar Rp 62 miliar melalui APBD Murni Tahun Anggaran 2020 dari total kebutuhan anggaran sebesar Rp 84 miliar. Sehingga terdapat kekurangan anggaran kurang lebih Rp 20 miliar.

Sehubungan anggaran yang terbatas di tahun 2020, ujar Majid, maka output pembangunan tahun 2020 belum bisa fungsional dan operasional sehingga perlu dilanjutkan pada tahap II.

RSU Ketanggungan dibangun di atas lahan seluas 13.000 meter persegi sedangkan luas lantai bangunan 9.880 meter persegi.

Kapasitas RSU Ketanggungan dapat menampung sebanyak 152 bed tempat tidur untuk rawat inap.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel