-->

Pilar Jembatan Kereta Api di Tonjong Putus, Jalur Jakarta – Surabaya Ditutup

 

BREBES – Jembatan kereta api jalur Jakarta-Surabaya di atas Sungai Glagah, di Dukuh Timbang, Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terputus pada Senin malam (11/1).

Berdasarkan informasikan Danramil 09 Tonjong, Kapten Infantri Ngadino, melalui Babinsa setempat, Serka Iskandar, putusnya jembatan terjadi pada pukul 21.30 WIB di KM 305/56, yakni pilar penyangga jembatan setinggi 22 meter putus/ambruk.

Putusnya pilar ini menyebabkan rangkaian besi penyangga rel kereta api sepanjang 50 meter ambruk.

“Putusnya jembatan ini disebabkan karena salah satu pilar jembatan ambruk diterjang banjir besar Kali Glagah sejak Senin petang,” ujarnya.

Dijelaskan lagi, banjir terjadi karena sebelumnya wilayah Kecamatan Tonjong diguyur hujan lebat dalam waktu yang lama, yakni mulai pukul 16.00-21.00 WIB.

Dibenarkan Tatang Iratmaja, pegawai PJKA/PDR Tonjong, sebelum banjir terjadi kenaikan debit air sungai mulai pukul 18.15 WIB, dan puncaknya pukul 21.30 WIB, pilar jembatan jembatan itu terputus karena tidak kuat menahan derasnya air sungai.

Untuk perjalanan kereta api jurusan Jakarta-Surabaya melalui Purwokerto/Yogyakarta, baik melewati jalur hulu/jalur 2 maupun jalur hilir (1), sementara ditutup.

“Masing-masing jembatan mempunyai 4 pilar, dan yang roboh yakni salah satu pilar di jalur hulu atau sebelah barat,” jelasnya.

Untuk rel kereta api masih menggantung. Sedangkan untuk kerugian belum dapat ditaksir.

Menurutnya, peristiwa itu baru pertama kali terjadi sejak jalur kereta api itu dibangun puluhan tahun lalu.

Petugas PJKA bersama TNI-Polri telah mengamankan lokasi dengan memasang police line, untuk menghindarkan masyarakat yang terus berdatangan untuk melihat agar mereka tidak terlalu dekat sehingga membahayakan jiwa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel