Selain Rapid Test Antigen, Pengguna Perjalanan Wajib Pakai Masker Kain Tiga Lapis - Warta Brebes

Senin, 11 Januari 2021

Selain Rapid Test Antigen, Pengguna Perjalanan Wajib Pakai Masker Kain Tiga Lapis

JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 memperketat peraturan perjalanan dalam negeri. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dilakukan selama masa pengetatan pembatasan periode 11-25 Januari di Pulau Jawa dan Bali.

"Berdasarkan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 1 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Covid-19. Surat Edaran ini mengatur secara spesifik perjalanan orang ke Pulau Bali. Kemudian, perjalanan orang di Pulau Jawa, perjalanan orang ke daerah lain. Sementara itu, protokol kesehatan dalam moda transportasi umum," jelas juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di Jakarta, Senin (11/1).

Untuk ketentuan protokol kesehatan perjalanan orang, selain penerapan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak), pengguna perjalanan wajib mengenakan masker kain tiga lapis atau masker medis. Sepanjang perjalanan transportasi darat, laut, perkeretaapian, dan udara, tidak boleh berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung

"Untuk perjalanan udara kurang dari dua jam, tidak diperkenankan makan dan minum. Kecuali bagi individu yang wajib mengonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang dapat membahayakan keselamatan," tambahnya.

Khusus perjalanan transportasi udara menuju Bali, wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes Swab PCR dengan sampel diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. "Atau hasil tes cepat antigen yang sampelnya diambil maksimal 1 x 24 jam sebelum perjalanan," ujar Wiku.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda