-->

Mengenal Trading Bot, Solusi Praktis Trading Aset Kripto

 

Meningkatnya nilai aset kripto membuat investor mulai mencari cara untuk mengeksplorasi keuntungan yang lebih besar. Salah satu cara populer yang dapat diterapkan adalah teknologi artificial intelligence (AI) berupa trading bot dalam strategi mereka.

Trading bot adalah software yang memanfaatkan artificial intelligence dan machine learning untuk mengamati pergerakan nilai dan eksekusi trading berdasarkan algoritma. Teknologi ini mampu membantu investor dalam merancang, mengeksekusi, dan mempertahankan strategi trading di pasar kripto yang volatil. Sehingga pengguna dapat menghasilkan keuntungan lebih besar dengan risiko minim.

Trading bot dapat beroperasi dengan mengandalkan algoritma yang telah ditentukan sebelumnya. Algoritma tersebut yang membuat trading dapat dilakukan secara otomatis dalam frekuensi tinggi. Dengan menggunakan teknologi ini, pengguna tidak perlu menghabiskan waktu secara manual untuk terus mengecek pergerakan pasar. 

Hadirnya teknologi yang berbasis artificial intelligence ini membuat proses trading lebih sederhana dan efisien. Sebab, software ini mampu menangani faktor-faktor yang mempengaruhi besaran keuntungan pengguna. Misalnya seperti diversifikasi portofolio, index construction, dan menyeimbangkan kembali portofolio pengguna. 

Selain itu, software ini juga dapat mengotomatisasi hal-hal yang dapat memakan waktu dan sifatnya berulang. 

Jenis-jenis Trading Bot

Berdasarkan tujuan dan informasi yang ingin didapatkan, teknologi ini dikategorikan berdasarkan fungsinya.

Trend-following Bot

Tren merupakan salah satu informasi utama yang dibutuhkan oleh trader ketika membuat strategi. Trend-following bot dirancang untuk mencari tahu tren pasar aset kripto secara otomatis. 

Trend-following bot akan membeli dan menjual aset Anda berdasarkan arah pergerakan pasar. 

Ketika algoritma software mengidentifikasi kondisi dan tren pasar telah optimal untuk melakukan penjualan atau pembelian, trading bot akan langsung melakukan eksekusi. 

Arbitrage Bot

Sesuai dengan namanya, software ini akan membantu pengguna menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan perbedaan harga di berbagai platform exchange. Arbitrage bot akan melacak harga aset dari berbagai platform dan menentukan mana yang paling menguntungkan, baik saat membeli maupun menjual. Sehingga, perdagangan aset kripto menjadi lebih kompetitif.

Misalnya nilai Bitcoin pada platform pertama memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan platform kedua. Maka bot akan dengan cepat membeli Bitcoin melalui platform pertama dan menjualnya di platform kedua untuk menghasilkan keuntungan.

Scalping Bot

Scalping bot bekerja dengan menghasilkan uang dengan cara membeli dan menjual aset kripto di kondisi bid-offer spread. Bid-offer spread adalah perbedaan harga tertinggi yang bersedia dibayarkan oleh pembeli dan harga terendah yang diterima oleh penjual. 

Scalping bot akan memanfaatkan celah yang terjadi antara transaksi bid dan ask. Software ini akan melakukan penjualan dan pembelian aset kripto dalam tempo cepat secara real-time. Ketika beroperasi, scalping bot akan secara langsung melakukan transaksi, walau perbedaan harganya hanya beberapa rupiah saja. 

Tak heran, scalping bot menjadi salah satu strategi paling populer yang digunakan trader ketika bertransaksi aset kripto. 

Keuntungan dan Kekurangan Trading Bot

Kendati terdengar menggiurkan dan menjadi solusi paling mutakhir untuk melakukan trading. Sebagai trader, Anda juga perlu mempertimbangkan keuntungan dan kekurangan yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Keuntungan

1. Dapat memindai beragam platform perdagangan aset kripto selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu untuk mendapatkan keuntungan.

2. Karena digerakkan oleh algoritma dan sistem, trading bot bekerja secara otomatis lebih cepat dibandingkan manusia.

3. Tindakan dan keputusan yang dilakukan trading bot tidak didorong oleh keserakahan atau ketakutan, namun berdasarkan data statistik dan peluang yang ada. 

4. Dapat memproses banyak data dalam waktu singkat.

Kelemahan

1. Tingginya frekuensi penggunaan bot membuat trader menjadi yang paling unggul dalam transaksi perdagangan aset kripto. 

2. Terjadinya flash crash ketika banyak bot merespons pergerakan pasar dengan cara yang sama di waktu yang sama.

3. Banyaknya penipuan pump and dump yang menggunakan sistem algotrading yang tidak dapat diidentifikasi. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Trading Bot

Sebelum memutuskan untuk menggunakan trading bot dalam strategi Anda, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan. 

Reputasi dan pengalaman tim pengembang trading bot.

Pilihlah layanan trading bot yang terkenal memiliki reputasi baik. Jangan sampai salah pilih. Alih-alih mendapatkan keuntungan, Anda justru bisa merugi karena salah memilih layanan. 

Transparansi

Pilih yang cara kerja dan algoritmanya dipublikasikan secara transparan. Pahami pola strategi yang disusun oleh developer dalam algoritma trading bot.

Strategi yang digunakan

Ketahui cara bot memilih token dan bagaimana proses mereka dalam melakukan evaluasi. 

Walau telah menggunakan trading bot untuk mendapat keuntungan lebih besar, Anda juga harus memantau dan memperhatikan aktivitas yang dilakukan oleh bot yang Anda miliki. Karena apabila bot tersebut melakukan trading dengan algoritma yang salah, Anda akan merugi.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk tetap memiliki kendali penuh atas aset kripto yang dimiliki. Manfaatkan teknologi trading bot sebagai bantuan tambahan, bukan untuk menjalankan aset Anda secara penuh. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel