-->

Inilah 5 Perusahaan Investasi di Indonesia Berlabel Terbaik


Kegiatan investasi di Indonesia memang sedang marak dilakukan oleh masyarakat di perusahaan investasi. Akan tetapi, jangan sampai berinvestasi pada perusahaan investasi bodong atau yang tidak jelas asal-usulnya.

Sebelum memulai investasi, alangkah lebih baiknya jika dicermati terlebih dahulu perusahaan investasi yang akan dipilih untuk investasi. Hal ini berguna agar ke depannya tidak ada kerugian serta mendapatkan keuntungan yang maksimal secara finansial.

Lalu, bagaimana kriteria perusahaan investasi yang tepat dan benar serta jenis-jenis perusahaan apa saja yang termasuk perusahaan investasi terbaik di Indonesia? Berikut akan dijelaskan secara lebih rinci dan lengkap.

Kriteria Perusahaan Investasi Terbaik

Memilih perusahaan investasi yang tepat dan sesuai tentu harus memperhatikan kriteria yang ada agar tidak mengalami kerugian ke depannya. Berikut ini kriteria yang harus diketahui, yaitu:

1. Memiliki Nomor Izin Kegiatan Operasional

Perusahaan investasi harus memiliki nomor izin operasi yang sah dan berlaku. Nomor izin tersebut dapat dilihat pada situr resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, hal tersebut dapat meyakinkan bahwa perusahaan investasi tersebut benar-benar ada dan sudah mendapat izin operasi.

2. Memiliki Kantor yang Dapat Didatangi

Setiap perusahaan harus memiliki kantor, walaupun kegiatannya dilakukan berbasis online. Tak terkecuali dengan perusahaan investasi yang tentunya juga harus memiliki kantor yang dapat didatangi, walaupun kegiatannya dilakukan secara online juga. Paling tidak kantor tersebut dapat digunakan untuk kegiatan organisasinya.

3. Memiliki Layanan Customer Support

Sebagai seorang investor, tentu saja membutuhkan suatu layanan customer. Hal ini dikarenakan seorang investor juga merupakan seorang konsumen. Dengan begitu, investor akan lebih mudah bertanya ketika ada hal yang ingin diketahui atau ditanyakan terkait investasi.

Perusahaan Investasi Terbaik di Indonesia

Beberapa perusahaan investasi cukup banyak beroperasi di Indonesia. Akan tetapi dari sekian banyaknya, kali ini akan dibahas mengenai perusahaan investasi terbaik, di antaranya yaitu:

1. PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen

Biasa disingkat dengan nama BPAM, perusahaan investasi ini sudah berdiri sejak tahun 1996. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terdepan di antara perusahaan investasi lainnya di Indonesia.

Hingga saat ini pun, perusahaan ini terus mengalami peningkatan dalam bisnisnya, khususnya tentang reksa dana. Bisnis usaha yang dikelolanya yaitu produk reksa dana dan kontrak pengelolaan dana bilateral.

Mitra agen yang berkontribusi sebagai agen penjual yaitu pihak perbankan, baik bank nasional ataupun asing. Selain itu, nasabah institusi perusahan tersebut yaitu dana pensiun, yayasan, perusahaan, asuransi, dan korporasi.

2. PT Mandiri Manajemen Investasi 

Perusahaan investasi ini dikenal dengan nama Mandiri Investasi dan sudah berdiri sejak 26 Oktober 2004. Di samping itu, perusahaan ini ternyata merupakan spin off atau memisahkan diri dari PT. Mandiri Sekuritas.

Mandiri Investasi ini ternyata juga adalah bagian dari grup PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk dan menjadi manajer investasi dibidang investasi sejak tahun 1993. Beberapa produk yang dijalankan yaitu reksa dana, investasi alternative, serta pengelolaan dana nasabah secara individual.

Baru-baru ini di tahun 2021, Mandiri Investasi memperoleh penghargaan sebagai reksa dana terbaik 2021 dalam penghargaan Best Mutual Fund Awards 2021.

3. PT Bahana TCW Investment Management 

Perusahaan ini sudah berdiri dan ada selama 25 tahun lebih serta berhasil melalui krisis ekonomi yang ada sebelumnya dengan baik. Hal inilah yang membuat perusahaan investasi ini menjadi lebih dipercaya oleh masyarakat untuk melakukan kegiatan investasi di dalamnya.

PT Bahana TCW Investment Management ini merupakan anak perusahaan milik negara yaitu Indonesia Financial Group (IFG) dan perusahan Manajer Investasi Global dari Los Angeles USA, yaitu Trust Company of The West (TCW).

4. PT Schroder Investment Management Indonesia 

Perusahaan investasi ini hadir di Indonesia sejak tahun 1991 dengan sebutan Schroders Indonesia. Kemudian, perusahaan ini merupakan manajer investasi yang 99% sahamnya dimiliki oleh Schroders Plc.

Beberapa produk jasa dan layanan investasi yang ada pada perusahan ini yaitu layanan investasi yang komprehensif serta membantu nasabah untuk memenuhi tujuan keuangannya. 

5. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia 

Perusahaan ini merupakan salah satu perusahan investasi yang sudah ada sejak tahun 1996 dan berpusat di Jakarta. Industri ini selalu menghadirkan beragam solusi kepada masyarakat terkait solusi investasi, termasuk juga reksa dana. Perusahan investasi ini merupakan bagian dari perusahaan Manulife serta sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kesimpulan

Itulah beberapa perusahaan investasi terbaik di Indonesia yang memiliki kualitas jasa pelayanan yang baik serta memiliki nilai kelola dana yang baik. Beberapa karakteristik dari perusahaan investasi yang baik juga perlu diperhatikan.

Hal ini dilakukan agar terhindar dari perusahaan investasi bodong yang merugikan para investor. Maka dari itu, sebelum melakukan investasi sebaiknya periksa dengan teliti perusahaan investasi yang akan digunakan dengan baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel